Saturday, January 18, 2014

Prototype Game Tetris di iPhone

Penulisan kali ini saya akan mencoba membuat sebuah prototype game / mock up game yang berguna untuk menunjukan kepada client pada saat kita terjun ke dunia perdagangan IT, misalnya pada kasus kita dihadapkan dengan client yang ingin membuat game kepada kita, dan setelah panjang lebar ia menjelaskannya, apa yang harus kita lakukan? mungkin bagi sebagian orang ahli bisa langsung dibuatkan gamenya, tapi bagi newbie akan lebih menguntungkan bila kita buatkan mock up / prototype nya terlebih dahulu karena pemikiran client dengan kita belum tentu sama, dan jika kita langsung membuatkan gamenya akan memakan waktu yang lama dan belum tentu disetujui oleh client, maka dari itu disinilah guna mock up / prototype yang bisa meng-efesiensi-kan waktu sebaik mungkin.
Nah, setelah tahu kegunaan dari mock up / prototype sebuah aplikasi / game, kali ini saya akan mencoba membuat mock up tetris.
Pertama kita harus mempunyai aplikasi pendukungnya, disini saya menggunakan 2 software utama yaitu :
  1. Evolus Pencil
  2. Microsoft Power Point 2010
Pertama adalah evolus pencil, Evolus Pensil dibangun untuk tujuan memberikan software gratis dan open-source GUI prototyping tool yang dapat dengan mudah menginstal dan gunakan untuk membuat mock up di platform desktop yang populer.
Sedangkan Microsoft Power Point 2010 sendiri saya pilih karena disana kita bisa lebih mudah untuk mempresentasikan sesuatu dan membuat berbagai bentuk dengan mudah dan kebetulan dalam kasus ini adalah tetris yang notabennya banyak menggunakan bentuk kotak kotak.
  
Setelah ada software nya saya pun membuatnya dan hasilnya seperti ini


Gambar diatas adalah tampilan awalnya dari prototype yang saya buat setelah kita tap logo game tetrisnya dimenu androidnya. filosofi saya memilih design seperti ini agar terkesan simple yang menyesuaikan dengan iphone yang simple pula, tombol Play di tengah dengan warna merah membuat player ingin langsung bermain, akan tetapi adanya perintah click here akan lebih membuat orang ingin tap itu terlebih dahulu, logo kotak kotak itu sendiri berisikan beberapa aturan yang terdapat di game tetris ini.


Nah seperti gambar diatas tampilan menunya yang muncul secara bertahap membentuk awan seperti popup. Dan disini aturannya sederhana, mainkan seperti permainan tetris biasanya, taklukan kecepatannya, dapatkan bonusnya, raih score tertinggi, dan kalahkan temanmu!. Dibawahnya terdapat logo logo social media untuk keperluan promosi publisher game / game itu sendiri. Setelah tahu peraturannya, barulah kita bermain dengan tap logo kotak kotak itu lagi dan tap play.


Dan beginilah tampilan game tetrisnya, disini lagi dan lagi saya memakai tema yang simple, beberapa gambar paling atas adalah keterangan speed yang akan terus bertambah seiring dengan lama nya waktu yang akan mempersulit player untuk mendapatkan score, scorenya sendiri terdapat didalam frame game tetris itu sendiri yang disebelahnya terdapat menu yang jika di tap akan muncul popup seperti pada halaman awal dan juga berfungsi untuk menghentikan game sementara (pause). Dan frame game tetrisnya sendiri kenapa saya meletakkannya di tengah layar? karena untuk memaikannya lebih enak dan asyik jika digunakan dengan 2 jari dari 2 tangan, karena jika saya letakkan frame game tetris tersebut di sebelah kiri/kanan maka salah satu jari akan kejauhan untuk menjangkaunya yang membuat game tersebut terasa aneh dan sulit. Lalu dimanakah blok tetris selanjutnya akan muncul ditampilkan? sengaja saya tidak tampilkan agar mempersulit dan mengejutkan si player, karena dalam waktu waktu tertentu ada item bonus / trap yang akan muncul, seperti bom, bungee jumping, dll, dalam hal ini saya yakini akan membuat player lebih penasaran dengan adanya bonus bonus yang tersembunyi di setelahnya. Game ini akan selesai ketika blok blok telah mencapai titik tertinggi yaitu menyentuk garis yang terdapat dibawah score. Nah jika sudah selesai maka muncul lah keterangan score mu dan pertanyaan apakah player ingin meng-share score nya ke facebooknya atau tidak yang bertujuan untuk mengadu score antar pemain lain yang merupakan teman facebooknya yang sudah bermain game tetris ini.



Terakhir, mungkin anda bertanya, kemana tombol backnya? jawabannya adalah untuk apa tombol yang terdapat pada iphone itu sendiri? nah itu dia, untuk kembali ke menu atau back, player hanya tinggal menekan tombol tengah yang terdapat pada iphone itu sendiri.
Sekian penjelasan singkat saya mengenai mock up / prototype game tetris yang saya buat sendiri, untuk lebih lengkapnya bisa anda tonton video yang satu ini, selamat menikmati :)



 

1 comment:

Let me know ur opinion here