Tuesday, March 25, 2014

Logo IA26

ARTI DARI LOGO IA26 :

Sekelompok manusia Teknik Informatika bernama IA26 yang membentuk bagaikan sebuah keluarga [Rumah], yang tetap kokoh dengan 14 manusia [Tiang Biru] di dalamnya walaupun terdapat 3 manusia [Tiang Hitam] yang telah menghilang dan dengan keteguhan hati menyumbangkan dharma bakti kepada Nusa dan Bangsa [Tangkai Obor] dengan semangat yang tak pernah padam [Kobaran Api Obor] untuk menuntut ilmu yang luas dan mendalam [Cawan obor]



Sunday, January 19, 2014

Sekilas E-Book Head First Design Patterns

Hello semua, lagi dan lagi saya post di blog ini untuk minggu ini.
Dan kali ini saya akan mencoba menjelaskan salah satu bab dari salah satu e-book design pattern yang dibuat oleh Eric Freeman dan Elisabeth Freeman beserta rekannya Kathy Sierra dan Bert Bates yang berjudul HEAD FIRST DESIGN PATTERN.


Design pattern secara ringkas dijelaskan disini merupakan sebuah pola desain dalam arsitektur dan ilmu komputer merupakan cara formal mendokumentasikan solusi untuk masalah desain dalam bidang keahlian tertentu. Ide ini diperkenalkan oleh arsitek Christopher Alexander di bidang arsitektur dan telah diadaptasi untuk berbagai disiplin ilmu lainnya, termasuk ilmu komputer. Sebuah koleksi terorganisir dari pola desain yang berhubungan dengan bidang tertentu disebut pola bahasa.
Dan yang ditegaskan disini adalah bagaimana anda berurusan dengan hal-hal yang membuat Anda  merasa tidak nyaman akan sebuah hal dan anda tahu di mana yang berubah sehingga anda mempunyai sebuah pandangan sendiri tentang suatu hal tersebut.

Saturday, January 18, 2014

Membuat Game Sederhana Dengan Greenfoot

Pada penulisan kali ini saya akan mencoba membuat sebuah game sederhana yang memakai software Greenfoot. Apa sih greenfoot? berikut penjelasan singkatnya
Greenfoot adalah pengembangan lingkungan Java interaktif yang dirancang terutama untuk tujuan pendidikan di sekolah tinggi dan tingkat sarjana. Hal ini memungkinkan mudah pengembangan aplikasi grafis dua dimensi, seperti simulasi dan permainan interaktif.
Greenfoot sedang dikembangkan dan dipelihara di University of Kent dan La Trobe University , dengan dukungan dari Oracle . Ini adalah perangkat lunak bebas, dirilis di bawah lisensi GPL. Greenfoot yang tersedia untuk Microsoft Windows , Mac OS X , Linux , Sun Solaris , dan setiap baru JVM .
Proyek Greenfoot diprakarsai oleh Michael Kolling pada tahun 2003, dan prototipe pertama dibangun oleh Poul Henriksen (Masters mahasiswa) dan Michael Kolling (supervisor) tahun 2003/2004. Dari pengembangan 2005 terus melibatkan anggota lain dari BlueJ Group di University of Kent dan Deakin University .
Rilis penuh pertama, Greenfoot versi 1.0, diterbitkan pada tanggal 31 Mei 2006, dengan rilis lebih lanjut berikut sesekali setelahnya.
Pada bulan Mei 2007, proyek Greenfoot dianugerahi "Choice Award Duke" dalam kategori "Teknologi Java dalam Pendidikan", dan pada tahun 2010 memenangkan "Premier Award untuk Keunggulan dalam Pendidikan Teknik Courseware".
Pada bulan Maret 2009, proyek Greenfoot menjadi Bebas dan Open Source Software , dan berlisensi di bawah GNU GPL dengan pengecualian Classpath .
Pada bulan Agustus 2009, buku teks diterbitkan yang mengajarkan pemrograman dengan Greenfoot.
Dan disini saya mencoba membuat game ular, game ular sendiri terdiri dari beberapa class yang saya ambil dari gallery Greenfoot dan dari Sang Master Michael Kolling sendiri.
Berikut tampilan permainannya :




Saya sendiri menilai game ini sebagai game sederhana sudah cukup menarik karena simple dan atraktif.
Berminat mencoba memainkannya?
Baiklah, saya akan membagikan kepada anda game nya, game ini berekstension JAR jadi minimal harus ada JDK yang terinstall di PC anda.

LINK DOWNLOAD

 

Prototype Game Tetris di iPhone

Penulisan kali ini saya akan mencoba membuat sebuah prototype game / mock up game yang berguna untuk menunjukan kepada client pada saat kita terjun ke dunia perdagangan IT, misalnya pada kasus kita dihadapkan dengan client yang ingin membuat game kepada kita, dan setelah panjang lebar ia menjelaskannya, apa yang harus kita lakukan? mungkin bagi sebagian orang ahli bisa langsung dibuatkan gamenya, tapi bagi newbie akan lebih menguntungkan bila kita buatkan mock up / prototype nya terlebih dahulu karena pemikiran client dengan kita belum tentu sama, dan jika kita langsung membuatkan gamenya akan memakan waktu yang lama dan belum tentu disetujui oleh client, maka dari itu disinilah guna mock up / prototype yang bisa meng-efesiensi-kan waktu sebaik mungkin.
Nah, setelah tahu kegunaan dari mock up / prototype sebuah aplikasi / game, kali ini saya akan mencoba membuat mock up tetris.
Pertama kita harus mempunyai aplikasi pendukungnya, disini saya menggunakan 2 software utama yaitu :
  1. Evolus Pencil
  2. Microsoft Power Point 2010
Pertama adalah evolus pencil, Evolus Pensil dibangun untuk tujuan memberikan software gratis dan open-source GUI prototyping tool yang dapat dengan mudah menginstal dan gunakan untuk membuat mock up di platform desktop yang populer.
Sedangkan Microsoft Power Point 2010 sendiri saya pilih karena disana kita bisa lebih mudah untuk mempresentasikan sesuatu dan membuat berbagai bentuk dengan mudah dan kebetulan dalam kasus ini adalah tetris yang notabennya banyak menggunakan bentuk kotak kotak.
  
Setelah ada software nya saya pun membuatnya dan hasilnya seperti ini


Gambar diatas adalah tampilan awalnya dari prototype yang saya buat setelah kita tap logo game tetrisnya dimenu androidnya. filosofi saya memilih design seperti ini agar terkesan simple yang menyesuaikan dengan iphone yang simple pula, tombol Play di tengah dengan warna merah membuat player ingin langsung bermain, akan tetapi adanya perintah click here akan lebih membuat orang ingin tap itu terlebih dahulu, logo kotak kotak itu sendiri berisikan beberapa aturan yang terdapat di game tetris ini.


Nah seperti gambar diatas tampilan menunya yang muncul secara bertahap membentuk awan seperti popup. Dan disini aturannya sederhana, mainkan seperti permainan tetris biasanya, taklukan kecepatannya, dapatkan bonusnya, raih score tertinggi, dan kalahkan temanmu!. Dibawahnya terdapat logo logo social media untuk keperluan promosi publisher game / game itu sendiri. Setelah tahu peraturannya, barulah kita bermain dengan tap logo kotak kotak itu lagi dan tap play.


Dan beginilah tampilan game tetrisnya, disini lagi dan lagi saya memakai tema yang simple, beberapa gambar paling atas adalah keterangan speed yang akan terus bertambah seiring dengan lama nya waktu yang akan mempersulit player untuk mendapatkan score, scorenya sendiri terdapat didalam frame game tetris itu sendiri yang disebelahnya terdapat menu yang jika di tap akan muncul popup seperti pada halaman awal dan juga berfungsi untuk menghentikan game sementara (pause). Dan frame game tetrisnya sendiri kenapa saya meletakkannya di tengah layar? karena untuk memaikannya lebih enak dan asyik jika digunakan dengan 2 jari dari 2 tangan, karena jika saya letakkan frame game tetris tersebut di sebelah kiri/kanan maka salah satu jari akan kejauhan untuk menjangkaunya yang membuat game tersebut terasa aneh dan sulit. Lalu dimanakah blok tetris selanjutnya akan muncul ditampilkan? sengaja saya tidak tampilkan agar mempersulit dan mengejutkan si player, karena dalam waktu waktu tertentu ada item bonus / trap yang akan muncul, seperti bom, bungee jumping, dll, dalam hal ini saya yakini akan membuat player lebih penasaran dengan adanya bonus bonus yang tersembunyi di setelahnya. Game ini akan selesai ketika blok blok telah mencapai titik tertinggi yaitu menyentuk garis yang terdapat dibawah score. Nah jika sudah selesai maka muncul lah keterangan score mu dan pertanyaan apakah player ingin meng-share score nya ke facebooknya atau tidak yang bertujuan untuk mengadu score antar pemain lain yang merupakan teman facebooknya yang sudah bermain game tetris ini.



Terakhir, mungkin anda bertanya, kemana tombol backnya? jawabannya adalah untuk apa tombol yang terdapat pada iphone itu sendiri? nah itu dia, untuk kembali ke menu atau back, player hanya tinggal menekan tombol tengah yang terdapat pada iphone itu sendiri.
Sekian penjelasan singkat saya mengenai mock up / prototype game tetris yang saya buat sendiri, untuk lebih lengkapnya bisa anda tonton video yang satu ini, selamat menikmati :)



 

Proses Pembuatan 'Call of Duty: Ghosts'


Infinity Ward, developer dari game ‘Call of Duty: Modern Warfare 3’ yang kembali dipercaya untuk mengembangkan seri franchise terbaru dari game Call of Duty, yaitu ‘Call of Duty: Ghost,’ baru saja memposting sebuah video behind the scenes tentang proses pembuatan game baru tersebut.
Lewat ‘Call of Duty: Ghost,’ Infinity Ward ingin menghadirkan sebuah game dengan animasi yang tampak sangat realistis, cocok untuk digunakan dalam konsol next-gen seperti Xbox One dan juga PlayStation 4 yang siap hadir di akhir tahun 2013. Khusus untuk game ini, Infinity Ward menggunakan sebuah engine baru yang dijuluki sebagai Sub-D untuk meningkatkan kualitas tampilan poligon yang selama ini masih terlihat kotak-kotak.
Engine ini mampu meningkatkan jumlah poligon secara real-time, dan pada akhirnya akan memungkinkan model-model karakter yang lebih realistis dengan menghadirkan detil-detil dari helaian rambut, bekas luka, bahkan tanah yang menempel di ujung kuku.
Call of Duty: Ghost dijadwalkan rilis pada 5 November 2013 untuk platform Xbox One & 360, Playstation 3 & 4, juga PC. Untuk lebih lengkapnya, simak video berikut ini:



sumber :
http://bgr.com/2013/05/22/call-of-duty-ghost-xbox-one-playstation-4/