Yang menarik banyak peminat dalam membangun e-commerce adalah
besaran investasi dan biaya-biaya rutin yang terjadi
tidaklah terlalu mahal dibanding dengan membuka usaha
secara konfensional (fisik). Walaupun begitu, inti usaha adalah mencari
keuntungan yang sebesar-besarnya dengan mengandalkan
investasi seefisien mungkin tanpa harus meninggalkan
efektifitas sistem dari manajemen sebagai power dalam mesin bisnis
tersebut.
Dalam rubrik ini, saya akan mengangkat sepuluh pertanyaan yang
mungkin dapat membantu kita menentukan langkah-langkah dalam
memulai usaha secara elektronik, secara garis besar adalah
sebagai berikut:
1. Apakah usaha tersebut merupakan usaha yang baru kita mulai, atau
peralihan dari usaha konfensional ke e-commerce?
Perlu sekali kita menjelaskan sifat dari pembangunan usaha atas
dasar historikal kegiatan sebelumnya, andaikan saja jawaban
diatas adalah “usaha baru”, berarti pertanyaan kedua sampai
dengan ke empat perlulah dijawab secara rinci, dan apabila jawaban
dari pertanyaan diatas adalah “peralihan dari usaha yang
telah ada”, maka secara otomatis pertanyaan point pada 2, 3
dan 4, perlu ditambahkan dengan pertanyaan “berapa para
pelanggan kini yang telah dapat menggunakan internet?
2. Siapakah target dari pengguna jasa/produk usahanya?
Uraikanlah secara rinci mulai dari tingkat kepentingan dari
produk/jasa tersebut, umur target pasarnya, tingkat
pendidikan/profesi yang diharapkan, tingkat penghasilan, gender,
lokasi pasar, dlsb secara detail. Dalam hal ini kita akan dapat
merancang berbagai hal menyangkut dari karakteristik
pasarnya (iklan, disain, fungsi/fasilitas, dsb)
3. Bagaimana sifat jasa/produk yang ditawarkan?
Banyak produk yang sangat sarat dengan akurasi akan kualitasnya, hal
ini sangat penting untuk dijelaskan dalam jaminan yang akan
diberikan terhadap pelayanan purna jual/transaksinya,
berapa jenis jasa/produk (semakin berfariasi jenisnya maka akan semakin
komplek permasalahannya), bagaimana kompleksitas pilihan
dari setiap item di setiap jenisnya, apakah merupakan produk
standart yang bersifat umum /pabrikasi (barang elektronis,
software, buku, film, musik,dsb) atau produk/jasa yang memerlukan
perlakuan khusus dalam mengkontrol kualitas akhirnya
(furniture, fashion, obat-obatan, dsb)
4. Bagaimana sifat pengadaan dari produk/jasa yang ditawarkannya?
Apakah produk/jasa tersebut merupakan produksi sendiri, atau
mengandalkan suplier, berapa banyak sulier yang terlibat,
bagaimana sifat produk/jasa tersebut? fisikal; digital;
gabungan dari keduanya; atau bentuk lainnya yang bersifat konseling;
sewa-menyewa virtual, broker, dsb. Sehingga kita dapat
menentukan dan menghitung secara akurat terhadap berbagai
biaya dari sistem pengirimannya.
5. Berapa besar organisasi usaha tersebut dan berapa banyak orang tenaga kerja yang dibutuhkan?
Hal ini akan mempengaruhi dari besaran investasi yang diperlukan,
tingkat pendidikan dari SDM-nya, sistem informasi (intranet)
yang perlu dibangun dalam rangka pendistribusian
tugas-tugasnya, flow kerja yang sangat mempengaruhi terhadap waktu
produksi sampai dengan pengiriman produk/jasa. Hal ini akan
dapat membantu kita dalam merencanakan waktu/scheduling
dari setiap tahap pekerjaan, dan juga mengantisipasi kebutuhan modal
kerja serta biaya-biaya yang timbul secara rutin. Disamping
itu kita pun dapat menentukan strategi dari cara membangun
e-commerce tersebut (apakah akan dibangun sendiri, atau
dengan cara outsourcing dengan pihak ketiga lainnya)
6. Bagaimana sistem penjualan dan distribusi dari produk/jasa tersebut?
Suatu produk/jasa dapat diperjual belikan dengan berbagai cara, yang
antara lain dengan sistem; penyewaan dan atau keanggotaan,
bebas bagi siapapun, pelayanan terhadap organisasi
tertentu, dan juga hal-hal lain yang sarat dengan kesempurnaan dari
proses transaksi dan pelayanannya (pembayaran
langsung/e-transaksi, pembayaran pertahun, dikaitkan dengan
pembayaran suatu keanggotaan, dsb). Alangkah baiknya apabila pada
tahap awal kita dapat juga melayani suatu Video yang sudah
terbentuk sebelumnya (organisasi) sehingga pemasukan usaha
kita tentunya akan dikaitkan dengan iuran keanggotaan atau sejenis
lainnya.
7. Bagaimana dengan peraturan yang berlaku terhadap jenis usaha tersebut?
Peraturan dibuat oleh manusia dalam rangka mengatur dan
mengantisipasi terhadap berbagai kejadian yang mungkin dan
atau akan timbul dikemudian harinya, khususnya terhadap usaha
elektronik (e-commerce) ini, kita perlu mengantisipasi berbagai hal
yang menyangkut peraturan dan perundang-undangan dikarenakan
masih banyaknya ketidaktersediaannya dalam menghadapi
sifat usaha maya tersebut, suatu usaha/perusahaan perlu kiranya
melengkapi secara rinci berbagai hal yang menyangkut
disclaimer atau terms and conditions dalam kegiatannya
untuk dapat dipelajari secara transparan, khususnya menyangkut berbagai
hal yang belum memiliki aturan perundangannya.
8. Bagaimana sifat pemasaran dari produk/jasa tersebut?
Area pemasaran akan sangat mempengaruhi kegiatan usaha, sebagai
contoh suatu usaha dapat dibentuk hanya dalam melayani di
tingkat kota tertentu saja, atau kabupaten/profinsi, bahkan
tingkat nasional di suatu negara, atau sampai dengan pasar
regional/internasional (Dalam kaitannya dengan masalah ini
tentunya perlu juga dipelajari peraturan yang berlaku di
negara-negara yang menjadi target pasarnya). Cakupan pemasaran harus
secara jelas diungkapkan dalam sitenya, karena sifat
Internet yang sangat mengglobal tersebut.
9. Bagaimana kita mempromosikan usaha tersebut?
Ada berbagai cara dalam mempromosikan dan mengkomunikasikan
produk/jasa yang kita hendak tawarkan, disamping hal ini
sangat sarat dengan besaran investasi yang kita tanamkan, yang
perlu diingat lagi adalah batasan cakupan pasar haruslah sesuai
dengan pelayanan yang diberikan. Kita sering dikecewakan
oleh adanya suatu tawaran yang menarik di sebuah situs,
ketika kita ingin mengakses formulir sebagai salah satu prasarat dari
tawaran tersebut barulah sadar bahwa promosi ini hanya
berlaku bagi negara tertentu saja, tanpa kita sadari sekian
waktu pulsa dan konsentrasi telah kita buang begitu saja tanpa
memperoleh hasil apapun.
10. Seberapa besar diperlukannya kegiatan fisik dalam rangka menjalankan usaha tersebut?
Kegiatan fisik sudah dapat dipastikan sangat diperlukan dalam
menjalani usaha dalam bentuk apapun, akan tetapi dalam hal
ini kita harus mengantisipasi sifat produk/jasa yang kita
tawarkan khususnya yang mempergunakan teknologi informasi ini. Sebagai
contoh usaha e-commerce dapat hanya menyediakan pelayanan
transaksi saja, sedangkan apabila konsumen ingin mengetahui
dan mempelajari produk/jasanya maka diperlukan adanya
showroom-showroom. Disamping itu fariasi jumlah produk, tipe
dan pelayanan, jumlah suplier, juga akan mempengaruhi
seberapa besar kegiatan fisik diperlukan.
Membuat suatu studi dengan sedikitnya menjawab secara rinci 10
pertanyaan diatas akan lebih memudahkan kita dalam
mengantisipasi perkembangan usaha kita dikemudian harinya,
visi-misi-strategi perusahaan tidaklah merupakan hal yang ngawang,
tetapi sudah seharusnya kita miliki sejak awal dan dapat
diimplementasikan secara nyata.
Atas dasar keseriusan inilah kita dapat menciptakan rasa aman dan
kepercayaan serta pelayanan yang baik terhadap para
konsumennya.
Kelebihan E-Commerce :
Kekurangan E-Commerce:
- Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
- Meningkatkan daya saing perusahaan
- Menggantikan konsep manual
- Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah
- Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya
- Dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu.
Kekurangan E-Commerce:
- Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan
- Penjelasan produk kurang jelas
- Harga terkadang tidak sesuai
- Produk kurang dikenal oleh masyarakat
- Kurang aman dalam melakukan transaksi
- Tampilan produk kurang jelas
- sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan
Faktor Keamanan
— Pengelolaan dan penjagaan keamanan secara fisik.
Penambahan perangkat-perangkat elektronik (perangkat lunak dan
perangkat keras) untuk melindungi data, sarana komunikasi serta
transaksi
Pilar Keamanan Sistem E-Commerce
— Authentication (keabsahan pengirim)
— Identitas pengguna/pengirim data teridentifikasi (tidak ada kemungkinan penipuan)
— Confidentiality (kerahasiaan data)
— data tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berhak
— Integrity (keaslian data)
— data tidak dapat diubah secara tidak sah
— Non-Repudiation (anti-penyangkalan)
— tidak ada penyangkalan pengiriman data (dari pihak penerima terhadap pihak pengirim)
Ancaman Keamanan dan Solusi
- Pencegatan data , pembacaan dan modifikasi data secara tidak sah
- Kecurangan (fraud) yang dilakukan oleh orang-orang yang identitasnya tidak diketahui
- Akses yang tidak sah oleh seseorang terhadap data milik orang lain.
Solusi
- Enkripsi (Menyandikan data)
- Otentifikasi (Melakukan verifikasi terhadap identitas pengirim dan penerima)
- Firewall ( Menyaring serta Melindungi lalu lintas data di jaringan atau server)
Meningkatkan keamanan (sisi bisnis)
— Risk analysis untuk menentukan aset dan resiko
— Bagaimana dampak lubang keamanan terhadap bisnis?
— Buat rencana (plan) dan alokasikan dana (budget)
— Tentukan kebijakan
Meningkatkan keamanan (sisi teknis)
— Penggunaan teknologi kriptografi, enkripsi
— Penggunaan kunci publik (public key)
— Kebutuhan Infrastruktur Kunci Publik (IKP)/ [Public Key Infrastructure - PKI]
— Certification Authority (CA)
— Public key server, Certificate Repository
— Certificate Revocation Lists (CRL)
— Penggunaan smartcard dapat membantu
Keamanan untuk Jaringan: Firewall
— Saat kita menghubungkan sumberdaya perusahaan ke jaringan publik
seperti internet, kita meletakkan data-data & sistem komputer kita
dlm keadaan yg beresiko tinggi. Tanpa menggunakan firewall, baik
keamanan data maupun integritas data merupakan sasaran serangan bagi
para hacker.
— Firewall dpt melindungi serangan-serangan pada protokol
individual atau aplikasi, dan dapar secara efektif melindungi sistem
komputer dari spoofing (program2 merusak yg menyamar sebagai aplikasi2
yg bermanfaat)
Analisis Web E-Commerce dengan Web Tools
Untuk menguji sebuah website yang berisikan tentang bisnis digunakan website penguji(website tools) diantaranya :
· WebSitePulse.com
· Browsermob.com
· Websiteoptimization.com
Website E-commerce yang kami ujikan disini adalah http://payupis.net. Setelah kita uji website payupis.net ini pada ketiga website penguji di atas didapatlah hasil seperti berikut …
Gambar 1.a
Pada halaman website test results
dapat diketahui hasil pengujian DNS, waktu untuk terhubung, waktu untuk
men-download byte pertama dan waktu untuk download HTML lengkap dari
situs web yang diuji(payupis.net). Waktu respon total menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk website Anda untuk men-download. WebSitePulse
dapat pula digunakan untuk menguji kecepatan download dari semua
komponen halaman web, termasuk gambar dan semua referensi internal.
Gambar 1.b
Gambar 1.c
Untuk BrowserMob
Gambar 2.a
Gambar 2.b
Gambar 2.c
ANALISIS WEB PAYUPIS.NET
Website
payupis.net adalah sebuah website yang berisi tentang penjualan
produk-produk secara online. Pada payupis.net ini produk-produk yang
dijual seperti produk supplement untuk kesehatan, minuman untuk
kesehatan, produk kecantikan, frozen food, aneka tas cantik dan
peralatan tekhnologi rumah tangga. Alasan kami memilih website ini
adalah :
· Adanya system transaksi yang jelas dan mudah, sehingga dapat dianalisa.
· Banyaknya pengunjung dalam website tersebut.
· Banyaknya varian item – item yang dijual di website tersebut
Analisa yang akan kami lakukan pada website ini adalah pada :
1. Tampilan dari web
2. Produk yang dijual
3. Cara order dan pembayaran
Analisis Tampilan Web
Tampilan
dari web ini menurut kelompok kami sederhana dan tidak mencolok. Unsur
warna yang digunakan pada layout tidak berlebihan, cukup untuk menarik
perhatian konsumen. Kalau boleh memberikan masukan berdasarkan
pengamatan kelompok kami admin dari web e-commerce ini kurang aktif
dalam meng up date info mengenai produk – produk yang di jual. Hal ini
bisa dilihat dari tab news yang dipasang :
tanggal update News terbaru adalah pada 17 Mei 2010
Analisis Produk yang Dijual
Produk
– produk yang dijual pada payupis ini bisa dilihat dari menu Site Map.
Produk – produk yang dijual banyak yang berhubungan dengan kesehatan
seperti, Health Suplement dan minuman kesehatan.
Tidak
begitu banyak produk yang ditawarkan, menurut kelompok kami sebagian
besar target marketing yang dituju hanya kepada golongan – golongan
tertentu. Hal ini dapat dilihat dari kisaran harga di berikan mulai dari
50ribuan sampai dengan 500ribuan.
Analisis Cara Order dan Pembayaran
Cara
membeli produk pada payupis ini dapat dilihat pada menu How to Buy.
Customer dapat mengikuti langkah – langkah yang sudah ada. Misalnya
ingin mengorder panganan maka pada tab categories kita klik Frozen
Food.
Bisa
dipilih makanan yang kita mau. Misalnya ingin membeli Lumpia ikan maka
klik “Beli” selanjutnya ikuti langkah berikutnya. Ingat, sebelum kita
ingin membeli produk yang ada, terlebih dahulu kita harus login, kita
masukkan alamat e-mail beserta keterangan lainnya. Setelah kita klik
“beli”, maka akan muncul tampilan untuk “check out”, jika kita
benar-benar ingin membeli produk tersebut, maka akan ada permintaan
untuk memasukkan alamat yang dituju. Nah, untuk proses selanjutnya, kita
akan dihubungi oleh pihak payupis.net.
Cara Pembayaran
Disinilah
letak kekurangan dari service yang diberikan payupis.net, tidak adanya
fasilitas untuk mentransfer uang. Jadi, jika kita ingin membeli suatu
produk, kita hanya menunggu pihak payupis.net menghubungi kita. Maka
proses pembayaran menjadi lebih lama.
Casinos Near DC - JM Hub
ReplyDeleteAt the moment, 경상남도 출장안마 the only casino that accepts American 시흥 출장샵 and European customers is the Station Casinos at 군포 출장마사지 Beau Rivage Resort and Casino 충청남도 출장안마 in Watertown. 파주 출장안마