Tuesday, April 30, 2013

E-Commerce

Pada dasarnya membangun sebuah usaha (baik fisik maupun virtual) memiliki berbagai kesamaan, khusunya dalam melakukan pengkajian terhadap apa dan bagaimana usaha tersebut akan dijalankan (Studi Kelayakan Usaha), sebelum kita memulai menginvestasikan modal kerja.

Yang menarik banyak peminat dalam membangun e-commerce adalah besaran investasi dan biaya-biaya rutin yang terjadi tidaklah terlalu mahal dibanding dengan membuka usaha secara konfensional (fisik). Walaupun begitu, inti usaha adalah mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dengan mengandalkan investasi seefisien mungkin tanpa harus meninggalkan efektifitas sistem dari manajemen sebagai power dalam mesin bisnis tersebut.
Dalam rubrik ini, saya akan mengangkat sepuluh pertanyaan yang mungkin dapat membantu kita menentukan langkah-langkah dalam memulai usaha secara elektronik, secara garis besar adalah sebagai berikut:

1. Apakah usaha tersebut merupakan usaha yang baru kita mulai, atau peralihan dari usaha konfensional ke e-commerce?
Perlu sekali kita menjelaskan sifat dari pembangunan usaha atas dasar historikal kegiatan sebelumnya, andaikan saja jawaban diatas adalah “usaha baru”, berarti pertanyaan kedua sampai dengan ke empat perlulah dijawab secara rinci, dan apabila jawaban dari pertanyaan diatas adalah “peralihan dari usaha yang telah ada”, maka secara otomatis pertanyaan point pada 2, 3 dan 4, perlu ditambahkan dengan pertanyaan “berapa para pelanggan kini yang telah dapat menggunakan internet?

2. Siapakah target dari pengguna jasa/produk usahanya?
Uraikanlah secara rinci mulai dari tingkat kepentingan dari produk/jasa tersebut, umur target pasarnya, tingkat pendidikan/profesi yang diharapkan, tingkat penghasilan, gender, lokasi pasar, dlsb secara detail. Dalam hal ini kita akan dapat merancang berbagai hal menyangkut dari karakteristik pasarnya (iklan, disain, fungsi/fasilitas, dsb)



3. Bagaimana sifat jasa/produk yang ditawarkan? 
Banyak produk yang sangat sarat dengan akurasi akan kualitasnya, hal ini sangat penting untuk dijelaskan dalam jaminan yang akan diberikan terhadap pelayanan purna jual/transaksinya, berapa jenis jasa/produk (semakin berfariasi jenisnya maka akan semakin komplek permasalahannya), bagaimana kompleksitas pilihan dari setiap item di setiap jenisnya, apakah merupakan produk standart yang bersifat umum /pabrikasi (barang elektronis, software, buku, film, musik,dsb) atau produk/jasa yang memerlukan perlakuan khusus dalam mengkontrol kualitas akhirnya (furniture, fashion, obat-obatan, dsb)

4. Bagaimana sifat pengadaan dari produk/jasa yang ditawarkannya?
Apakah produk/jasa tersebut merupakan produksi sendiri, atau mengandalkan suplier, berapa banyak sulier yang terlibat, bagaimana sifat produk/jasa tersebut? fisikal; digital; gabungan dari keduanya; atau bentuk lainnya yang bersifat konseling; sewa-menyewa virtual, broker, dsb. Sehingga kita dapat menentukan dan menghitung secara akurat terhadap berbagai biaya dari sistem pengirimannya.

5. Berapa besar organisasi usaha tersebut dan berapa banyak orang tenaga kerja yang dibutuhkan?
Hal ini akan mempengaruhi dari besaran investasi yang diperlukan, tingkat pendidikan dari SDM-nya, sistem informasi (intranet) yang perlu dibangun dalam rangka pendistribusian tugas-tugasnya, flow kerja yang sangat mempengaruhi terhadap waktu produksi sampai dengan pengiriman produk/jasa. Hal ini akan dapat membantu kita dalam merencanakan waktu/scheduling dari setiap tahap pekerjaan, dan juga mengantisipasi kebutuhan modal kerja serta biaya-biaya yang timbul secara rutin. Disamping itu kita pun dapat menentukan strategi dari cara membangun e-commerce tersebut (apakah akan dibangun sendiri, atau dengan cara outsourcing dengan pihak ketiga lainnya)


6. Bagaimana sistem penjualan dan distribusi dari produk/jasa tersebut?
Suatu produk/jasa dapat diperjual belikan dengan berbagai cara, yang antara lain dengan sistem; penyewaan dan atau keanggotaan, bebas bagi siapapun, pelayanan terhadap organisasi tertentu, dan juga hal-hal lain yang sarat dengan kesempurnaan dari proses transaksi dan pelayanannya (pembayaran langsung/e-transaksi, pembayaran pertahun, dikaitkan dengan pembayaran suatu keanggotaan, dsb). Alangkah baiknya apabila pada tahap awal kita dapat juga melayani suatu Video yang sudah terbentuk sebelumnya (organisasi) sehingga pemasukan usaha kita tentunya akan dikaitkan dengan iuran keanggotaan atau sejenis lainnya.

7. Bagaimana dengan peraturan yang berlaku terhadap jenis usaha tersebut?
Peraturan dibuat oleh manusia dalam rangka mengatur dan mengantisipasi terhadap berbagai kejadian yang mungkin dan atau akan timbul dikemudian harinya, khususnya terhadap usaha elektronik (e-commerce) ini, kita perlu mengantisipasi berbagai hal yang menyangkut peraturan dan perundang-undangan dikarenakan masih banyaknya ketidaktersediaannya dalam menghadapi sifat usaha maya tersebut, suatu usaha/perusahaan perlu kiranya melengkapi secara rinci berbagai hal yang menyangkut disclaimer atau terms and conditions dalam kegiatannya untuk dapat dipelajari secara transparan, khususnya menyangkut berbagai hal yang belum memiliki aturan perundangannya.


 

8. Bagaimana sifat pemasaran dari produk/jasa tersebut?
Area pemasaran akan sangat mempengaruhi kegiatan usaha, sebagai contoh suatu usaha dapat dibentuk hanya dalam melayani di tingkat kota tertentu saja, atau kabupaten/profinsi, bahkan tingkat nasional di suatu negara, atau sampai dengan pasar regional/internasional (Dalam kaitannya dengan masalah ini tentunya perlu juga dipelajari peraturan yang berlaku di negara-negara yang menjadi target pasarnya). Cakupan pemasaran harus secara jelas diungkapkan dalam sitenya, karena sifat Internet yang sangat mengglobal tersebut.

9. Bagaimana kita mempromosikan usaha tersebut?
Ada berbagai cara dalam mempromosikan dan mengkomunikasikan produk/jasa yang kita hendak tawarkan, disamping hal ini sangat sarat dengan besaran investasi yang kita tanamkan, yang perlu diingat lagi adalah batasan cakupan pasar haruslah sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Kita sering dikecewakan oleh adanya suatu tawaran yang menarik di sebuah situs, ketika kita ingin mengakses formulir sebagai salah satu prasarat dari tawaran tersebut barulah sadar bahwa promosi ini hanya berlaku bagi negara tertentu saja, tanpa kita sadari sekian waktu pulsa dan konsentrasi telah kita buang begitu saja tanpa memperoleh hasil apapun.

10. Seberapa besar diperlukannya kegiatan fisik dalam rangka menjalankan usaha tersebut?
Kegiatan fisik sudah dapat dipastikan sangat diperlukan dalam menjalani usaha dalam bentuk apapun, akan tetapi dalam hal ini kita harus mengantisipasi sifat produk/jasa yang kita tawarkan khususnya yang mempergunakan teknologi informasi ini. Sebagai contoh usaha e-commerce dapat hanya menyediakan pelayanan transaksi saja, sedangkan apabila konsumen ingin mengetahui dan mempelajari produk/jasanya maka diperlukan adanya showroom-showroom. Disamping itu fariasi jumlah produk, tipe dan pelayanan, jumlah suplier, juga akan mempengaruhi seberapa besar kegiatan fisik diperlukan.

Membuat suatu studi dengan sedikitnya menjawab secara rinci 10 pertanyaan diatas akan lebih memudahkan kita dalam mengantisipasi perkembangan usaha kita dikemudian harinya, visi-misi-strategi perusahaan tidaklah merupakan hal yang ngawang, tetapi sudah seharusnya kita miliki sejak awal dan dapat diimplementasikan secara nyata.
Atas dasar keseriusan inilah kita dapat menciptakan rasa aman dan kepercayaan serta pelayanan yang baik terhadap para konsumennya.
Kelebihan E-Commerce :

  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
  • Meningkatkan daya saing perusahaan
  • Menggantikan konsep manual
  • Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah
  • Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya
  •   Dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu.

Kekurangan E-Commerce:


  • Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan
  • Penjelasan produk kurang jelas
  • Harga terkadang tidak sesuai
  • Produk kurang dikenal oleh masyarakat
  • Kurang aman dalam melakukan transaksi
  • Tampilan produk kurang jelas
  • sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan
Faktor Keamanan
—  Pengelolaan dan penjagaan keamanan secara fisik.
Penambahan perangkat-perangkat elektronik (perangkat lunak dan perangkat keras) untuk melindungi data, sarana komunikasi serta transaksi
Pilar Keamanan Sistem E-Commerce
—  Authentication (keabsahan pengirim)
—  Identitas pengguna/pengirim data teridentifikasi (tidak ada kemungkinan penipuan)
—  Confidentiality (kerahasiaan data)
—  data tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berhak
—  Integrity (keaslian data)
—  data tidak dapat diubah secara tidak sah
—  Non-Repudiation (anti-penyangkalan)
—  tidak ada penyangkalan pengiriman data (dari pihak penerima terhadap pihak pengirim)
Ancaman Keamanan dan Solusi
  • Pencegatan data , pembacaan dan modifikasi data secara tidak sah
  • Kecurangan (fraud) yang dilakukan oleh orang-orang yang  identitasnya tidak diketahui
  • Akses yang tidak sah oleh seseorang terhadap data milik orang lain.
Solusi
  • Enkripsi  (Menyandikan data)
  • Otentifikasi  (Melakukan verifikasi terhadap identitas pengirim dan penerima)
  • Firewall  ( Menyaring serta Melindungi lalu lintas data di jaringan atau server)
Meningkatkan keamanan (sisi bisnis)
—  Risk analysis untuk menentukan aset dan resiko
—  Bagaimana dampak lubang keamanan terhadap bisnis?
—  Buat rencana (plan) dan alokasikan dana (budget)
—  Tentukan kebijakan
Meningkatkan keamanan (sisi teknis)
—  Penggunaan teknologi kriptografi, enkripsi
—  Penggunaan kunci publik (public key)
—  Kebutuhan Infrastruktur Kunci Publik (IKP)/ [Public Key Infrastructure - PKI]
—  Certification Authority (CA)
—  Public key server, Certificate Repository
—  Certificate Revocation Lists (CRL)
—  Penggunaan smartcard dapat membantu
Keamanan untuk Jaringan: Firewall
—  Saat kita menghubungkan sumberdaya perusahaan ke jaringan publik seperti internet, kita meletakkan data-data & sistem komputer kita dlm keadaan yg beresiko tinggi. Tanpa menggunakan firewall, baik keamanan data maupun integritas data merupakan sasaran serangan bagi para hacker.
—  Firewall dpt melindungi serangan-serangan pada protokol individual atau aplikasi, dan dapar secara efektif melindungi sistem komputer dari spoofing (program2 merusak yg menyamar sebagai aplikasi2 yg bermanfaat)

 

Analisis Web E-Commerce dengan Web Tools

Untuk menguji sebuah website yang berisikan tentang bisnis digunakan website penguji(website tools) diantaranya :
· WebSitePulse.com
· Browsermob.com
· Websiteoptimization.com
Website E-commerce yang kami ujikan disini adalah http://payupis.net. Setelah kita uji website payupis.net ini pada ketiga website penguji di atas didapatlah hasil seperti berikut …

Untuk WebSitePulse
Gambar 1.a
Pada halaman website test results dapat diketahui hasil pengujian DNS, waktu untuk terhubung, waktu untuk men-download byte pertama dan waktu untuk download HTML lengkap dari situs web yang diuji(payupis.net). Waktu respon total menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk website Anda untuk men-download. WebSitePulse dapat pula digunakan untuk menguji kecepatan download dari semua komponen halaman web, termasuk gambar dan semua referensi internal.


Gambar 1.b



Gambar 1.c

Untuk BrowserMob
Gambar 2.a

Gambar 2.b

Gambar 2.c


ANALISIS WEB PAYUPIS.NET

Website payupis.net adalah sebuah website yang berisi tentang penjualan produk-produk secara online. Pada payupis.net ini produk-produk yang dijual seperti produk supplement untuk kesehatan, minuman untuk kesehatan, produk kecantikan, frozen food, aneka tas cantik dan peralatan tekhnologi rumah tangga. Alasan kami memilih website ini adalah :
· Adanya system transaksi yang jelas dan mudah, sehingga dapat dianalisa.
· Banyaknya pengunjung dalam website tersebut.
· Banyaknya varian item – item yang dijual di website tersebut
Analisa yang akan kami lakukan pada website ini adalah pada :
1. Tampilan dari web
2. Produk yang dijual
3. Cara order dan pembayaran



Analisis Tampilan Web
Tampilan dari web ini menurut kelompok kami sederhana dan tidak mencolok. Unsur warna yang digunakan pada layout tidak berlebihan, cukup untuk menarik perhatian konsumen. Kalau boleh memberikan masukan berdasarkan pengamatan kelompok kami admin dari web e-commerce ini kurang aktif dalam meng up date info mengenai produk – produk yang di jual. Hal ini bisa dilihat dari tab news yang dipasang :
tanggal update News terbaru adalah pada 17 Mei 2010

Analisis Produk yang Dijual
Produk – produk yang dijual pada payupis ini bisa dilihat dari menu Site Map. Produk – produk yang dijual banyak yang berhubungan dengan kesehatan seperti, Health Suplement dan minuman kesehatan.
Tidak begitu banyak produk yang ditawarkan, menurut kelompok kami sebagian besar target marketing yang dituju hanya kepada golongan – golongan tertentu. Hal ini dapat dilihat dari kisaran harga di berikan mulai dari 50ribuan sampai dengan 500ribuan.


Analisis Cara Order dan Pembayaran
Cara membeli produk pada payupis ini dapat dilihat pada menu How to Buy. Customer dapat mengikuti langkah – langkah yang sudah ada. Misalnya ingin mengorder panganan maka pada tab categories kita klik Frozen Food.

Bisa dipilih makanan yang kita mau. Misalnya ingin membeli Lumpia ikan maka klik “Beli” selanjutnya ikuti langkah berikutnya. Ingat, sebelum kita ingin membeli produk yang ada, terlebih dahulu kita harus login, kita masukkan alamat e-mail beserta keterangan lainnya. Setelah kita klik “beli”, maka akan muncul tampilan untuk “check out”, jika kita benar-benar ingin membeli produk tersebut, maka akan ada permintaan untuk memasukkan alamat yang dituju. Nah, untuk proses selanjutnya, kita akan dihubungi oleh pihak payupis.net.

Cara Pembayaran
Disinilah letak kekurangan dari service yang diberikan payupis.net, tidak adanya fasilitas untuk mentransfer uang. Jadi, jika kita ingin membeli suatu produk, kita hanya menunggu pihak payupis.net menghubungi kita. Maka proses pembayaran menjadi lebih lama.

1 comment:

  1. Casinos Near DC - JM Hub
    At the moment, 경상남도 출장안마 the only casino that accepts American 시흥 출장샵 and European customers is the Station Casinos at 군포 출장마사지 Beau Rivage Resort and Casino 충청남도 출장안마 in Watertown. 파주 출장안마

    ReplyDelete

Let me know ur opinion here